D7Jjy8pCiegUEW9kW5LkTTLA7bhIYYlstlqQwi8x

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Label

Apa itu cryto ? mengenal sedikit tentang Cryptocurrency


 Baru baru ini sosial media sedang ramai memperbincangkan mengenai Cryptocurrency, bahkan sampai membuat para tokoh hingga artis mulai belajar dan membangun project Cryptocurrency masing masing. Bukan hanya itu, akibat maraknya trend ini, sampai membuat Cryptocurrency mendapatkan perhatian dari pemerintahan langsung mengenai legalitasnya.

Apa Itu Cryptocurrency?

Simplenya, Cryptocurrency adalah sebuah mata uang digital yang memiliki nilai namun tak memiliki bentuk fisik. Mata uang ini hanya berupa angka yang hanya dapat di lihat melalui komputer. Dompet yang di gunakan untuk menyimpan nya pun berupa dompet digital dengan alamat yang tersusun dari huruf dan angka random sebagai alamat untuk menerima mata uang ini. Cryptocurrency mulai mendapatkan perhatian dunia pada sekitar tahun 2013 dengan uang digital andalannya yang bernama Bitcoin.

Apakah kamu pernah mendengar tentang BITCOIN? Itu merupakan salah satu sekaligus menjadi mata uang digital Cryptocurrency pertama yang diciptakan. Berkat keberhasilan bitcoin dalam menarik perhatian dunia inilah yang membuat Cryptocurrency di kenal dunia dan melahirkan lebih banyak project baru di dalamnya.

Bitcoin pada awalnya di ciptakan pada tahun 2009 oleh seseorang yang mengaku sebagai pria asal Jepang bernama Satoshi Nakamoto, yang saat itu memiliki rencana untuk menciptakan sebuah mata uang digital bertujuan untuk menjadi alat pembayaran yang bersifat orang ke orang (peer to peer) tanpa harus melibatkan pihak ketiga atau orang kepercayaan. Selain itu cryptocurrency juga tidak terikat dengan kurs sehingga membuatnya memiliki nilai yang sama ke seluruh dunia.

Karakteristik Cryptocurrency


1. Digital

Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang tak memiliki bentuk fisik layaknya mata uang yang kita gunakan sehari-hari. 


2. Terenkripsi

Setiap transaksi yang dilakukan tidak dapat di ketahui dari siapa dan untuk siapa. Tidak ada riwayat yang berisi mengenai data asli seperti nama, yang dapat di lihat hanyalah sebuah address atau alamat berupa kumpulan huruf dan angka random milik si pengirim maupun si penerima. Itulah kenapa Cryptocurrency juga di khawatirkan digunakan oleh sekelompok orang untuk melakukan transaksi yang di larang.


3. Desentralisasi

Setiap transaksi pada umumnya melibatkan orang ketiga atau orang kepercayaan (misal nya sebuah Bank). Tapi hal ini tidak berlaku pada Cryptocurrency dimana setiap orang bertanggung jawab atas uang mereka sendiri serta transaksi yang di lakukan (Tidak ada pihak yang bertanggung jawab ketika terjadi kesalahan dalam transaksi).


4. Memiliki Supplay Terbatas

Cryptocurrency diciptakan dengan jumlah yang terbatas dan tidak bisa di ubah, tak terkecuali juga dengan BITCOIN. 


Setelah mengetahui karakteristik nya, berikut ini beberapa Fungsi atau kegunaan dari Cryptocurrency itu sendiri.


Fungsi Cryptocurrency


1. Sebagai alat pembayaran untuk melakukan jual beli, baik itu barang hingga jasa dan nilainya akan tetap sama di seluruh dunia. Ada beberapa negara yang sudah melegalkan Bitcoin sebagai alat pembayaran salah satunya negara El Salvador. Selain itu, perusahaan dunia pun seperti Tesla dan MCD juga mengumumkan bahwa mereka menerima pembayaran menggunakan Cryptocurrency.


2. Menjadi Tempat investasi 

Nilai pada uang digital Cryptocurrency pada umumnya berubah ubah. Seperti contoh, pada awal peluncuran nya, 10.000 Bitcoin bisa untuk membeli 1 Pizza. Tapi sekarang, 1 Bitcoin saja sudah memiliki nilai di atas 30.000$ atau kurang lebih sekitar 500 juta rupiah.


3. Bisa digunakan sebagai alat transfer uang antar daerah hingga dunia. 

Proses pengiriman mata uang digital ini terbilang sangat mudah, kita hanya perlu memasukkan address atau alamat penerima beserta memo dan jumlah atau nilai mata uang yang ingin di kirimkan, kemudian penerima hanya perlu menukarkan mata uang Cryptocurrency tersebut dengan mata uang asli yang berlaku di negaranya.


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar