D7Jjy8pCiegUEW9kW5LkTTLA7bhIYYlstlqQwi8x

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Label

cara merawat baterai android agar awet | agar tidak mudah rusak


 Smartphone menggunakan baterai sebagai sumber dayanya dalam beroperasi. Masing masing smartphone mempunyai baterai yang di buat dengan kapasitas yang berbeda beda. Untuk melihat seberapa besar kapasitas yang terdapat pada sebuah baterai biasanya di lihat dari nilai mAh nya, semakin tinggi nilai yang tercantum pada mAh maka semakin banyak dan besar pula daya listrik yang dapat di tampung oleh baterai smartphone tersebut, sehingga mampu memberikan waktu yang lama kepada pengguna saat menggunakannya. Namun, durasi waktu bermain atau habisnya daya pada sebuah baterai sejatinya tak bisa hanya dilihat dari nilai mAh itu saja, melainkan juga harus di nilai dari aktivitas yang di lakukan pengguna itu sendiri. Apabila digunakan secara boros, maka baterai yang memiliki kapasitas besar pun kemungkinan akan cepat habis.

Berikut ini beberapa aktivitas yang membuat daya baterai lebih cepat habis beserta tips menghindari nya agar daya baterai gak boros.


1. Matikan Aplikasi Yang Masih Aktif di Latar Belakang

Aplikasi yang masih aktif di latar belakang yang di sebabkan oleh fitur multitasking merupakan salah satu penyebab baterai lebih cepat terkuras habis. Aplikasi ini biasanya merupakan aplikasi yang baru selesai digunakan namun di tinggal begitu saja tanpa di bersihkan, yang lama kelamaan membuat jumlahnya menumpuk dan menyedot daya baterai bersamaan. Aplikasi tersebut biasanya tetap aktif dan beroperasi layaknya aplikasi yang sedang di gunakan, bahkan jika kita mengakses nya kembali, aplikasi tersebut tidak memulai dari awal sebagai mana mestinya, melainkan melanjutkan aktivitas terakhir kali digunakan. Matikan beberapa aplikasi yang tidak begitu penting yang aktif di latar belakang guna mengurangi konsumsi daya yang berlebihan agar tidak cepat habis.


2. Jangan Gunakan Wallpaper Bergerak

Wallpaper bergerak sama halnya seperti sebuah video pendek yang di putar terus menerus, tentu hal ini akan memakan daya baterai yang tidak sedikit apabila di gunakan dalam waktu yang cukup lama. Cobalah untuk menghindari terlalu sering menggunakan wallpaper bergerak, jika ingin baterai smartphone mu gak mudah habis setiap harinya.


3. Nonaktifkan Hotspot, Bluetooth dan bila perlu GPS

Fitur fitur di atas ternyata juga memberikan efek konsumsi baterai berlebih apabila di aktifkan dalam waktu yang lama, terlebih lagi pada fitur hotspot. Bila perlu, matikan atau nonaktifkan fitur fitur tersebut apabila dalam keadaan yang tidak mengharuskan mengaktifkan nya, yang mana bertujuan untuk mengurangi konsumsi baterai ketika smartphone digunakan. Atau jika kamu ingin lebih hemat lagi, aktifkan mode pesawat jika kamu sedang tidak ingin mengakses internet. Mode pesawat ini cocok di aktifkan ketika sedang menonton video, selain menghemat baterai tentu juga menghindari gangguan dari notifikasi aplikasi.


4. Gunakan Mode Gelap

Mode gelap pada smartphone tak hanya berfungsi untuk mengatur tampilan semata, melainkan juga bermanfaat untuk mengurangi konsumsi baterai. Gunakan mode gelap agar baterai smartphone mu sedikit lebih hemat ketika sedang digunakan.


5. Atur Kecerahan Layar sesuai Kebutuhan

Jangan lupa untuk selalu mengatur tingkat kecerahan layar, bila perlu gunakan fitur pencahayaan otomatis. Kecerahan layar yang terlalu tinggi tentunya berdampak bagi pemakaian baterai, semakin cerah maka semakin cepat daya baterai terkuras. Cobalah untuk menurunkan kecerahan layar mu, selain bermanfaat untuk menghemat baterai, layar dengan kecerahan yang normal juga membuat tidak membuat mata kita menjadi sakit menggunakannya.


Itulah tips mudah agar baterai smartphone mu awet di gunakan setiap hari. Lakukan kebiasaan tersebut jika kamu merasa smartphone mu boros dalam penggunaan baterai. 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar