D7Jjy8pCiegUEW9kW5LkTTLA7bhIYYlstlqQwi8x

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Label

cara mengatasi hp lemot | dengan mudah dan simple



 Saat sedang menggunakan smartphone, pernah kah kamu tiba tiba merasa bahwa kinerja smartphone tersebut seperti melambat?, Atau ketika kamu sedang asyik mengakses aplikasi, tiba tiba smartphone kamu lengket atau bahkan menutup aplikasi yang sedang di gunakan secara tiba tiba? Atau bahkan di beberapa kasus (biasa terjadi di smartphone spesifikasi rendah) smartphone tersebut malah melakukan Restart ulang perangkat secara otomatis?.


Jika pernah, tentu hal tersebut sangat menjengkelkan bukan? Tak sedikit orang juga yang menganggap bahwa itu merupakan gejala atau tanda awal kerusakan.


Sebenarnya kondisi lemot, lambat, dan sebagainya yang terjadi pada smartphone adalah hal yang bisa dikategorikan biasa dan tak perlu di khawatirkan. Kondisi tersebut memang sering terjadi bahkan kepada smartphone dengan spesifikasi yang bagus sekali pun. Hal ini pada umumnya di karenakan sistem pada smartphone tersebut terlalu bekerja ekstra dalam waktu yang lama, sehingga menghasilkan lebih banyak cache yang lama kelamaan memberikan efek sementara pada kinerja smartphone. 


Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan beberapa hal serta menjaga kebiasaan baik terhadap penggunaanya, agar smartphone yang kamu punya kembali lancar kembali saat di gunakan.


Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi smartphone kamu yang lemot agar kembali Lancar.


1. Kosongkan Sedikit Ruang penyimpanan Internal 


Ruang penyimpanan yang terlalu penuh ternyata menjadi salah satu sebab kinerja smartphone yang kita gunakan menjadi lambat. Mengapa? Karena setiap kali kita mengakses sebuah aplikasi, maka itu akan menghasilkan file sisa atau biasa di sebut cache pada ruang memori, apabila ruang memori tersebut penuh, file cahce yang dihasilkan dari sebuah aplikasi tidak memiliki tempat, sehingga menyebabkan aplikasi yang sedang di jalankan itu menjadi terganggu.

Itulah kenapa setiap kali ruang penyimpanan penuh selalu muncul notifikasi yang mengharuskan kita menghapus beberapa file atau aplikasi yang jarang digunakan. 


Nah, jika dalam beberapa waktu terakhir kamu merasa kinerja smartphone kamu melambat, cobalah untuk melihat sisa ruang penyimpanan mu, hapuslah beberapa file yang tidak penting, minimal sisakan paling tidak 2GB ruang kosong.


2. Jangan terlalu sering membuka banyak aplikasi secara bersamaan, dan tutup aplikasi yang aktif di belakang layar


Smartphone kita memang pada umumnya di buat memiliki kemampuan multitasking, yaitu menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Namun, bukan berarti fitur ini harus di gunakan terus menerus, karena akan berdampak pada kinerja smartphone kita kedepannya. Biasakan juga untuk menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang agar tidak menggangu aplikasi yang sedang kita gunakan.


3. Rutin membersihkan file sampah


Setiap smartphone biasanya sudah di bekali aplikasi pembersih masing masing. Ini bertujuan untuk menghapus file file sampah atau cache yang di hasilkan setiap kali membuka aplikasi. Selain itu, aplikasi ini biasanya juga membantu pengguna untuk menentukan file tidak penting yang tersembunyi untuk di hapus, aplikasi ini juga mampu melindungi smartphone dari virus serta memberi peringatan terhadap file atau aplikasi baru yang dianggap berbahaya.


4. Lakukan Restart pada Smartphone 


Cobalah untuk rutin melakukan restart pada smartphone mu paling tidak satu minggu sekali. Ini bertujuan untuk merefresh sistem yang terus beroperasi serta menutup otomatis semua aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa kita ketahui. Perlu diperhatikan, jangan langsung menggunakan smartphone yang baru menyala saat di restart, karena biasanya ada beberapa sistem yang belum sepenuhnya aktif. Jadi berikanlah waktu istirahat setelah restart beberapa menit agar sistem yang baru di aktifkan dapat bekerja dengan optimal.


Itulah beberapa cara serta tips untuk mengatasi hp mu yang lemot. Jika kamu melakukan cara di atas dengan baik, dalam waktu singkat kamu akan merasakan perubahan kinerja pada smartphone mu dari sebelumnya. 


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar