D7Jjy8pCiegUEW9kW5LkTTLA7bhIYYlstlqQwi8x

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Label

Perbandingan Chipset Snapdragon dan Mediatek, Mana yang Unggul?


Biasanya kalau membeli HP baru, apanya yang dilihat? Spesifikasinya kan ya? Pernah memperhatikan chipset atau prosesor yang disematkan di dalamnya? Pernah terpikirkan apa perbandingan chipset Snapdragon dan Mediatek?
Prosesor yang bagus mampu menunjang kinerja ponsel agar mulus. Prosesor juga bisa menentukan berapa harga ponsel yang akan Anda beli. Semakin bagus prosesornya, maka semakin bagus pula harganya.
Biar tidak penasaran apa perbedaan chipset Snapdragon dan Mediatek dan tidak bingung memilih prosesor untuk ponsel yang ingin dibeli. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mediatek
Mediatek adalah perusahaan sekaligus merk yang berasal dari Taiwan dan didirikan pada 1997. Dibandingkan Snapdragon, Mediatek masih tergolong baru.
Meski baru, perkembangannya tak kalah pesat. Perbedaan mendasar Qualcomm Snapdragon vs Mediatek adalah harga. Harganya lebih murah sehingga ponsel dengan chipset ini memiliki harga yang murah juga.
Mediatek menjadi produsen prosesor yang produktif. Ini dibuktikan dengan peluncuran prosesor bernama MT6592 yang menjadi chipset True Octa Core pertama di dunia.
Lain dengan prosesor octa core umumnya yang terdiri dari dua buah prosesor quad core prosesor ini malah mempunyai 8 core ARM Cortex A7 yang kecepatannya mencapai 2.0 GHz.
Produsen 8 core pertama di dunia juga Mediatek. Pada saat perusahaan prosesor lain berkutat dengan 8 core, Mediatek malah berinovasi mengusung 10 (deca) core yang kemudian dikenal dengan Mediatek Helio yang tersemat di ponsel Xiaomi.

2. Qualcomm Snapdragon
Jika Mediatek berasal dari Asia, Snapdragon berasal dari Amerika Serikat, tepatnya San Diego. Snapdragon merupakan salah satu produk unggulan Qualcomm yang berdiri sejak 1985.
Perbandingan chipset Snapdragon dan Mediatek adalah Snapdragon lebih banyak digunakan di dunia karena teknologinya lebih kekinian. Bukan hanya itu, tetapi performanya lebih cepat, lebih canggih, dan dayanya lebih efisien.
Memang harganya lebih mahal, dengan spesifikasi sama, Snapdragon bisa dua kali lipat lebih mahal dibanding Mediatek.
Lalu, apa keunggulan Snapdragon vs Mediatek?
Seperti yang sudah disebutkan, performanya lebih unggul. Qualcomm bukan hanya fokus pada penciptaan prosesor dengan banyak CPU tetapi juga komponen pendukungnya.
Contohnya GPU dan ISP (image signal prosessor). Sehingga mampu menghadirkan kualitas grafis yang lebih baik karena dukungan GPU (graphics processing unit) yang canggih.
Hasil jepretannya lebih baik dengan teknologi ISP yang tersemat selalu ditingkatkan. Karena bukan hanya ISP saja yang ditingkatkan, membuatnya menjadi lebih mahal dibanding Mediatek.
Snapdragon juga sangat ideal untuk ponsel kelas flashgip.

3. Qualcomm Snapdragon vs Mediatek
Dari Snapdragon vs Mediatek maka didapat dua perbandingan mendasar, yakni:

a. Performa
Performa GPU Mediatek lebih rendah sehingga hanya memakan RAM sedikit.
Sementara Snapdragon mampu merender grafis lebih mumpuni dan memberikan efek visual yang mulus tetapi berbanding lurus pula dengan konsumsi RAM yang banyak.
RAM yang boros pemakaiannya karena GPU Snapdragon tidak terdapat dedicated VRAM sehingga pada saat pengoperasioan Adreno memakan RAM ponsel.
Untuk itu, agar kualitas grafis lebih maksimal harus diimbangi dengan kapasitas RAM.

b. Variasi Produk yang Diluncurkan
Snapdragon memang memiliki variasi produk lebih banyak. Ini karena pada tahun 2017, Mediatek lebih fokus memproduksi prosesor untuk kelas menengah dan mengurangi penciptaan untuk prosesor kelas atas.
Ini dibuktikan pada tahun 2018, Mediatek fokus di seri Helio P saja.
Snapdragon memang banyak mengeluarkan seri, mulai dari seri pemula 400, menengah 600, dan menengah atas terbaru 700. Sedangkan untuk menengah atas premium diberikan seri 800.
Di akhir 2018 Snapdragon juga memperbaharui lini produknya yang konon bisa menandingi prosesor A12 Bionic milik Apple.
Itulah perbandingan chipset Snapdragon dan Mediatek yang jika dilihat sekali lagi, memang unggul Snapdragon dari sisi variasi produk untuk menyasar semua segmen dan performa serta grafisnya. Namun, saat berbicara ponsel kelas menengah, keduanya sama baik dalam penyajian.
Related Posts
Rady
Saya Adalah Seorang Pelajar, Hobi Saya Menulis, Menurut Saya Menulis ialah Hal Yang Paling Menyenangkan Dan Menyasikan Karena Saya Dapat Menuangkan Semua Hal Yang Saya Di Kehidupan Saya Sehari.

Related Posts

Posting Komentar